Monday, May 27, 2019

SEBUAH KONSEP TENTANG CANTIK


Cantik.

Sebagai sebuah konsep, cantik mempunyai arti yang luar biasa luasnya. Arti kata cantik telah bervariasi sepanjang waktu karena berbagai budaya dan persepsi dunia yang sangat berbeda. Kecantikan telah didefinisikan dalam banyak hal.

Cantik (a): elok; molek (tentang wajah perempuan) - indah dalam bentuk dan buatannya. - KBBI. 

Beauty (mass noun): a combination of qualities, such as shape, colour, or form, that pleases the aesthetic senses, especially the sight. - Oxford Dictionary

Kamus menyebut kecantikan sebagai kesenangan estetika atau kesenangan indera. Tetapi karena kesenangan estetika didefinisikan sebagai kesenangan yang berasal dari sebuah penghargaan terhadap keindahan, it doesn't help. Kamus juga menyebut kecantikan sebagai kesempurnaan bentuk. Apa sih kriteria sempurna? Keseimbangan dari unsur-unsur yang berbeda, mungkin? 
Cantik adalah kualitas yang memberikan kesenangan untuk seseorang. Kesenangan mungkin timbul karena representasi artistik atau tindakan atau gagasan. Cantik juga adalah kualitas yang memberikan kesenangan kepada seseorang secara langsung dilihat dari sisi kecerdasan dan independen. 

Someone can be very beautiful when she or he has a big heart and a beautiful mind, ya kan? 

Kecantikan sering terdistorsi, disalahpahami dan dibayangi oleh berbagai tekanan yang saling bertentangan, mostly tekanan sosial. Hal-hal yang sebenarnya tidak penting tapi seolah menjadi tombak dari konsep tentang cantik seperti warna kulit dan bentuk tubuh. 

I struggle a lot with my body weight. Ketidakseimbangan hormon menjadi masalah utama kenapa berat badanku mudah sekali naik. Seringkali aku merasa tidak cantik, merasa tidak punya sesuatu yang bisa aku banggakan. Setiap kali aku merasa tidak percaya diri, aku biasanya menggunakan baju-baju berwarna gelap dengan harapan orang-orang tidak akan sadar how fat I am. I'm ashamed of my own body. I'm ashamed of how I look like and that is not okay at all

Aku sering lupa kalau cantik itu tidak melulu dilihat dari penampilan. Setiap orang punya setidaknya satu hal yang membuat dirinya berbeda dari orang lain. Setidaknya ada satu hal yang membuat seseorang itu memiliki kecantikan yang berbeda dari yang lain. Setidaknya ada satu hal yang membuat kamu menjadi yang paling cantik di mata seseorang. 

Tapi bukan berarti tidak merawat diri ya. Aku suka sekali dandan, I have too much makeup that I needed. I appreciate nice things like good quality dresses, heels, and bags. I like to mixing my jewelries. Tapi ada hari di mana aku tidak ingin terlihat seperti diriku biasanya, ada hari di mana aku tidak ingin memulai makeup routine-ku. Ada fase di mana sudah untung bangun dari tempat tidur saja, and that's fine too

Sering sekali aku mengingatkan diri sendiri kalau aku tidak harus terlihat sempurna seperti boneka. Aku seseorang yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa yang aku lakukan dan apa yang aku katakan lebih penting daripada penampilanku. Beauty is letting myself live at the moment

Citra perempuan cantik dibentuk oleh lingkungan sosial itu sendiri. Model-model di majalah yang jelas sekali fotonya hasil photoshop. Mereka melakukan itu untuk menjual produk namun sayangnya, itu justru menjadi bombardir untuk konsep cantik sekarang. Cantik dan sempurna itu dua hal yang berbeda. We are bombarded by the images of perfection which no human being can really achieve. 

Kata cantik juga sering sekali digunakan ketika kita ingin mendeskripsikan pemandangan yang indah, suasana yang tenang di pinggir pantai, langit yang biru dengan awan-awan putih, atau bahkan those pink winter skies. Matahari terbit atau terbenam, dan banyak lagi! So it's not always about human physical appearance but why it's always about how much I weight or how clear my skin is? 

Beberapa hari lalu, aku menggunakan fitur pertanyaan di instagram untuk bertanya pada teman-teman di dunia maya apa arti cantik menurut pandangan mereka. Jawaban-jawaban yang diberikan oleh mereka beragam mulai dari yang bercanda sampai yang sangat serius menjawab. Either way, I'm really happy. Tidak banyak orang yang mau berbagi pendapat mereka karena salah satunya mereka takut dihakimi. Terutama jika berbicara tentang topik sensitif.

Inilah pendapat dari teman-teman yang bersedia aku masukkan ke tulisan ini. Terima kasih!


"When someone can love herself as much as she loves others. Someone who has the biggest heart and always smiling even when she has the hardest time. Someone who helps others even when she needs it the most. Someone who is still kind even when people hurt her." - B. 
"Enak dilihat, tutur katanya baik, hatinya juga baik." - Citra Pamella. 

"Cantik itu tergantung sifatnya. Percuma kalau fisiknya cantik tapi busuk hatinya. That's not pretty at all." - Vena Sumanta.

"Cantik itu kata sifat yang tidak memiliki indikator yang jelas sehingga bersifat relatif." - Cintiana Ermalia.

"Bukan fisik tapi hati. Hati yang tidak menghakimi orang lain, yang bisa membawa kebahagiaan untuk sekitarnya." - R.A.

"Cantik itu pesona yang beda, keindahan yang ada di setiap insan dalam berpikir, bersikap, dan bertutur." - Topaz Adiputra.  

"Cantik itu sayang sama diri sendiri dalam bentuk apapun." - Keren Tamara.  

"Perspective, manners, and brain inside." - Oldie Aditya.

"Menghargai diri sendiri." - A.M.

"Cantik itu bisa menempatkan diri di setiap situasi." - Eka Nopriyanti.


Bagiku, cantik itu ketika aku bisa menjadi diriku sendiri tanpa ada perasaan takut untuk dihakimi. Embracing my flaws and make them the best of me. Giving permission to myself to live in the moment without worrying about perfection. I am perfect with my imperfection.

Menurut kalian, cantik itu apa? 

ps: listen to try by Colbie Caillat!


Love, Vera
Share:

No comments

Post a Comment

Blogger Template Created by pipdig