Friday, July 27, 2018

SELAMAT BULAN KEENAM, RINGWOOD!


Iya, sudah genap enam bulan aku dan kamu saling mengenal. Kamu yang menjadi saksi proses pendewasaanku. Kamu yang menjadi saksi isak tangis dan tawaku, mendengar lirihnya ucapan syukurku, bahkan menertawakanku saat aku lari-lari karena hampir ketinggalan bus, menggelengkan kepala saat melihatku tersesat. 

Ringwood, hari pertama aku tiba, setelah melewati malam yang berat di Melbourne karena kurangnya komunikasi yang berakibat salah paham, aku langsung tahu kalau kamu akan menjadi tempat yang paling berkesan selama aku tinggal di Victoria. Bukan hanya karena kamu tempat tinggal pertamaku di luar negeri, namun juga karena aku tidak hanya tinggal disini. 

I create a life.


Aku mengenal orang-orang yang lambat laun menjadi orang tua dan keluargaku. Aku juga berteman dengan murid-murid cerdas yang memanggilku dengan sebutan Bu Vera. Aku keluar dari zona nyamanku, kesana kemari seorang diri, belajar berani, menemukan dan memikirkan segalanya bahkan hal yang nyaris tidak akan pernah aku lakukan di Indonesia. Setiap harinya, aku menemukan hal yang membuatku mengucap dalam hati, "Nanti bakalan kangen nih!". Bahkan naik bus dari mal ke rumah yang jaraknya hanya 10 menit saja aku menikmati setiap momennya. 

Enam bulan. Hitungan bulan dan kamu mengubah sebagian besar perspektifku tentang hidup. Enam bulan dan kamu menjadi kaca diriku, seolah berkata kalau aku ini lebih kuat dan sabar dari yang aku kira. 

Hanya setengah tahun lagi aku tinggal disini dan aku sudah menahan tangis membayangkannya. Keluargaku disini hebat sekali. Orang tua Aussie-ku baik tidak ada duanya. Mereka peduli dan menjagaku bukan karena aku tinggal dirumah mereka sekarang, namun karena mereka benar-benar peduli. Mereka bahkan tahu dan akan langsung bertanya jika aku baru saja menangis. Ibu angkatku tahu dan ingat makanan kesukaanku, Ayah angkatku tahu jenis film kesukaanku. Mereka tahu tanpa aku memberitahunya. Ya, aku mengetik sambil menyeka air mata sekarang. 

Aku memiliki kakak perempuan yang sangat baik, seseorang yang menjadi tempat pelarianku saat aku benar-benar tidak sanggup menahan suara di kepalaku. Seseorang yang aku tahu, tidak akan pernah menghakimi apapun yang aku ceritakan.

Tidak hanya keluarga, aku memiliki dua tutor yang hebat. Bu Lundie yang seperti kakak perempuanku, mengajariku banyak hal tentang pekerjaanku dan bagaimana aku seharusnya beradaptasi disini. Bu Rumble yang seperti ibuku, selalu siap sedia untuk mendengar ceritaku, sering aku repotkan dengan banyak pertanyaan.

Lalu teman. Aku memiliki teman-teman yang membuat pikiranku lebih terbuka, yang bisa aku ajak mengobrol tentang apa saja dan mereka jugalah yang mengajakku untuk melihat tempat-tempat diluar Ringwood. It's really good time to hang out with people who know the area well. Terutama ketika mereka sangat baik dan banyak membantu.

Inilah sekilas momen-momen yang mungkin belum pernah aku share sebelumnya... 

Foto langit Ringwood pertamaku!
Hari pertama bekerja sebagai guru bantu!
Taman di belakang rumah yang menjadi tempat membaca kesukaanku!


Mum! 

Bu Lundie!
Bu Rumble!
Ben and Maria

Ciara!
Family holiday!
Kakak perempuanku, Leisel.
With Bronte

Selamat malam, Ringwood!



Love, Vera
Share:

No comments

Post a Comment

Blogger Template Created by pipdig